Selasa, 01 November 2016

Malang Jadi Tuan Rumah Konferensi Kota Kreatif Dunia

"Malang Jadi Tuan Rumah Konferensi Kota Kreatif Dunia Kota Malang resmi jadi tuan tempat tinggal Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) yang ke-2 pada 31 Maret-1 April 2016. Untuk mensupport aktivitas ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sudah mempersiapkan rangkaian aktivitas seperti Expo (1-5 April), HelloFest Malang Raya (3 April) serta Uklam-Uklam/City Tur (3 April).

ICCC adalah konferensi kota kreatif yang di gelar untuk menghubungkan Indonesia dengan Jaringan Kota Kreatif Dunia. Pada 2012, UNESCO Creative City Network (UCCN) buka peluang untuk kota kreatif didunia untuk kirim aplikasi supaya berhimpun dengan Jaringan Kota Kreatif Dunia.

Kemenpar juga memohon 5 kota kreatif yakni Solo, Denpasar, Pekalongan, Yogyakarta serta Bandung untuk kirim aplikasinya.

Tiap-tiap kota diserahkan dengan kelebihannya semasing. Pekalongan, Denpasar, serta Yogyakarta  menonjolkan diri dalam kelompok craft. Sementara Bandung serta Solo dengan design.

" Malang memanglah tak ada diantara 5 kota kreatif yang diserahkan, dahulu kami pernah mengusulkan Malang yang unggul dari sisi kuliner, namun Pak Walikota rupanya ada inspirasi lain, " kata Arief Yahya seperti diambil dari website Indonesia. travel.

Walikota Malang, Mochammad Anton, menyampaikan Malang mempunyai potensi yang besar dalam melahirkan inspirasi kreatif digital.

" Pasti ini satu penghargaan untuk kami jadi tuan tempat tinggal ke-2 sesudah Solo. Dahulu, Malang memanglah populer dengan kuliner, tetapi kami lihat perubahan dengan cara parsial, banyak sebenarnya komune pemuda kreatif yang telah meng-internasional di bagian digital, digital animasi umpamanya, " terang Mochammad Anton.

Lanjut Mochammad Anton, untuk meraih maksud itu jadi semua persiapan tengah dikerjakan.

" Kami lihat 16 bidang industri kreatif yang dapat mendorong perubahan ekonomi kreatif Malang. Kami mempunyai semuanya bidangnya namun harus kami tentukan, terlebih yang melibatkan banyak anak muda. Lalu kami membuat komite Malang kreatif untuk anak muda serta obsesi mereka tinggi, " tuturnya.

ICCC Expo 2016 kesempatan ini bakal konsentrasi pada usaha Indonesia menyambut diberlakukannya Orang-orang Berbarengan ASEAN (ASEAN Economic Community). Moment ini bakal melibatkan negara-negara diluar negeri, yakni sebagian 'sister city' Kota Malang yang menyebar di Eropa ataupun Asia, umpamanya Jepang, Korea serta Thailand.

Di penghujung acara, putra daerah yang namanya telah mendunia yakni Wahyu Aditya, atau yang dikenal juga sebagai penggagas HelloFest, bakal ikut isi acara ICCC Expo 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar