Selasa, 19 November 2019

Begini Syarat Lengkap Pendaftar CPNS Jalur Diaspora

Penentuan UMK 2017, Surabaya Paling tinggi

, Surabaya – Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, serta Kependudukan Jawa Timur Sukardo menjelaskan Gaji Minimal Kota/Kabupaten Kota Surabaya masih jadi yang paling tinggi. Surabaya menyarankan UMK Rp 3.290.000.

“Daerah yang lain saran UMK masih dibawah Surabaya,” Kata Sukardo di kantor Pemerintah Propinsi Jawa Timur, Jumat, 18 November 2016.

Menurutnya, sidang Dewan Penggajian yang diadakan pada Kamis malam, 17 November 2016, berjalan cukup lancar. Serta sembilan perwakilan serikat pekerja yang ada dalam pertemuan sudah menyetujui besaran UMK 2017 itu.

Memang, sempat ada pembicaraan dalam sidang Dewan Penggajian itu. Karena, ada saran UMK dari Bupati Gresik sebesar Rp 3,7 juta dan Bupati Sidoarjo serta Bupati Pasuruan sebesar Rp 3,5 juta. Tetapi saran dari Bupati Gresik, Pasuruan, serta Sidoarjo dipandang menyalahi ketentuan.

“Masak, UMK Jakarta saja Rp 3,3, kok Gresik usulannya Rp 3,7 juta,” kata Sukardo.

Diluar itu, Sukardo berujar, saran dari Sidoarjo serta Pasuruan itu hitungannya bukan memakai UMK berjalan, tetapi memakai dasar gaji minimal sektoral kota/kabupaten. Itu penyebabnya, saran itu dikatakan tidak diterima dalam rapat Dewan Penggajian dengan Pemerintah Propinsi.

Tentang penentuan ini, Sukardo mengharap beberapa pekerja dapat menyikapi dengan tenang. Kalaulah masih ingin berunjuk rasa, harus dikerjakan dengan teratur serta tidak lakukan kekerasan. Ia memberikan tambahan, penentuan UMK kesempatan ini menyengaja dimajukan pada 18 November 2016 serta bukan pada 21 November seperti umumnya. Faktanya, katanya, proses bahasan sudah usai. “Siang ini diputuskan,” katanya.

EDWIN FAJERIAL

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar