Senin, 11 November 2019

Indonesia Siapkan Standar Wisata Halal Agar Bisa Bersaing

Tip Perencana Keuangan: Menikah atau Beli Rumah Dulu

, Jakarta - Pilihan menikah atau beli rumah terlebih dulu seringkali jadi pertanyaan sulit yang perlu dijawab pekerja pemula. Masalahnya ke-2 hal itu memerlukan ongkos cukup banyak serta perlu rencana masak untuk mewujudkannya.

Perencana keuangan dari Tatadana Consulting, Tejasari Assad, menjelaskan menikah serta beli rumah ialah dua hal yang penting untuk diutamakan. Bergantung dari kondisi dan situasi yang ditemui, katanya waktu dihubungi Tempo, Jumat, 10 November 2017.

Tejasari merekomendasikan jika satu orang belum mempunyai gagasan menikah, lebih baik beli rumah terlebih dulu dengan mencicil. “Kalau memang belumlah ada gagasan menikah, langsung beli tempat tinggalnya dahulu. Sebab, saat ini banyak program pemerintah uang muka atau DP 0 %, DP dapat dicicil, tuturnya.

Tetapi, bila satu orang telah mempunyai pasangan serta siap menikah, Tejasari merekomendasikan supaya pernikahan dikerjakan dengan simpel, hingga tersisa dana yang dipunyai dapat didistribusikan untuk mencicil pemilikan rumah.

Hal seirama dikatakan Country Manajer Rumah123 Ignatius Untung. Dia mengatakan pilihan beli rumah penting sebab harga tempat tinggal yang terus naik setiap tahun.

Buat yang ingin memprioritaskan pembelian rumah, kata Untung, masih ada banyak pilihan rumah di lokasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi untuk golongan milenial yang berpendapatan sekitar Rp 4-7 juta. Paling murah yang kami ketahui seputar Rp 250 juta di lokasi Cinere, Cimanggis, atau Bogor, sebut Untung.

Mengenai ukuran rumah, kata Untung, untuk rata-rata harga itu ialah luas bangunan 21 mtr. persegi dan luas tempat 60 mtr. persegi. Itu di luar Jakarta, katanya. Sesaat tempat tinggal di Jakarta paling murah ialah kamar apartemen 18 mtr. persegi di rata-rata Rp 300 juta.

Untung merekomendasikan pembelian rumah dikerjakan selekasnya, selanjutnya lakukan pernikahan. Sesudah menikah, keduanya dapat sama-sama menolong mencicil rumah yang awalnya telah dibeli, katanya. Jika angsuran telah selesai, keduanya punyai pilihan melakukan renovasi rumah pertama mereka atau justru mempersiapkan beli rumah ke-2.

ALFAN HILMI

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar