Minggu, 10 November 2019

Jadi Mitra PT Agro Jabar Petani Garut Tanam Jeruk Lemon

Bersaing Tidak Sehat, Produsen Pop Ice Didenda Rp 11 Miliar

, Jakarta - Komisi Pengawas Kompetisi Usaha (KPPU) menjatuhkan hukuman denda Rp 11,47 miliar pada PT Forisa Nusapersada. Produsen minuman serbuk memiliki kandungan susu atau pop ice ini dapat dibuktikan lakukan kompetisi tidak sehat dengan melarang pedagang eceran menempatkan display produk kompetitornya.

Ketua majelis hakim KPPU, Nawir Messi, menjelaskan tindakan Forisa melanggar Klausal 19-a serta 19-b dan Klausal 25 ayat 1-a serta 1-c Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999, Selasa, 30 Agustus 2016. Masalah ini sudah disidangkan semenjak 19 Januari 2016. Masalah ini bermula dari laporan warga,” katanya, Selasa ini.

Bentuk pelanggaran dalam masalah ini, kata Nawir, terlihat dari program Forisa yang bertopik Pop Ice The Real Ice Jus. Dalam program yang berjalan semenjak Desember 2014 itu, Forisa dipandang salah gunakan tempat menguasai dengan minta kios minuman serta toko di pasar tidak memajang serta jual produk kompetitornya.

Referensi Berita TERJAWAB: Manajemen Mengaku Zaskia Gotik yang Meminta Digenggam Reza Artamevia Positif Narkoba, Netizen Repot Nasihati

Beberapa kompetitor Forisa dalam usaha minuman mudah yang mengarah beberapa anak itu diantaranya Milkjuss, S’Cafe, Camelo, serta SooIce. Jadi imbalan pada beberapa pengecer yang patuhi keinginan itu, perusahaan akan memberikan hadiah berbentuk satu bal Pop Ice, kaus, serta jus pada beberapa pemilik kios atau toko.

Forisa menukarkan satu renceng produk brand S’cafe dengan dua renceng produk Pop Ice dalam program Membantu Ganti. “Selain itu, perusahaan membuat kesepakatan kontrak eksklusif dengan kios minuman serta toko di pasar untuk melarang jual produk tidak hanya punya Forisa,” katanya.

Tetapi manajemen Forisa malah memandang dakwaan investigator KPPU tidak berdasarkan. Forisa mengatakan dilaksanakannya program “Pop Ice The Real Ice Blender” sebab mereka merasakan dirugikan beberapa kompetitornya. Karena, design paket produk Milkjuss, Camelo, S’cafĂ©, serta SooIce mirip paket Pop Ice.

PINGIT ARIA

Baca TERUNGKAP: Jejak Narkoba Gatot Brajamusti Terendus Semenjak 2006 Ini Pendapat yang Diacuhkan Gatot Brajamusti Sebelum Diamankan

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar